Menjadi haji Mabrur adalah impian setiap ummat muslim di dunia. Para pakar faqih mengemukakan bahwa haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori dengan kemaksiatan pada saat melaksanakan rangkaian manasiknya, dan banyak lagi definisi lainnya dari para ulama.

Didalam sebuah hadis riwayat bukhari, dari Abu Hurairah RA berkata:
Nabi Muhammad SAW ditanya "Amalan apakah yang paling utama/afdhal?" Beliau menjawab "Beriman kepada Allah dan RasulNya".
Ada yang bertanya lafi "Kemuadian amalan apalagi?", Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab "Berjihad di jalan Allah". Ada yang bertanya lagi "Kemuadia apalagi"? Rasul menjawab "Haji Mabrur" (HR. Bukhari No . 1519)

Selain itu, Haji mabrur juga merupakan jihad yang paling utama, sebagaimana di dalam hadis dari Aisyah RA berkata "Wahai rasulullah, kami melihat bahwa jihad adalah amalan yang paling utama. Apakah artinya kami harus berjihad?" "Tidak, Jihad yang paling utama adalah haji mabrur". Jawab Nabi SAW. (HR. Bukhari no. 1520)

Berikut ini salah satu doa agar diberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah Haji dan dijadikan Haji Mabrur:

Doa agar dapat melaksanakan Ibadah Haji dan menjadi Haji Mabrur

Allahumma ballighna Makkata wal Madiinata wal 'Arafata wa Rzuqnal  hajjal mabruuro wardha 'anna wahgfirlanaa warhamnaa Anta Maulaana fanshurnaa 'Alal qoumil Kaafiriina

Artinya: Ya Allah perkenankanlah kami untuk sampai/hadir ke Mekkah, Madinah, dan Arafah, dan berikanlah kami rezeki menjadi Haji Mabrur, dan ridhailah kami, dan ampunilah kami, dan sayangilah kami. Engkaulah kekasih kami, maka tolonglah kami atas golongan orang orang kafir. Aamiin...


2 comments:

  1. artikel yang bermanfaat...

    saya coba dulu doanya ya gan agar dapat melaksanakan Rukun ISLAM yang ke- 5 Amiiin..

    dari http://norafila.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. artikel yang bermanfaat..,
    http://ali-duniablog.blogspot.com

    ReplyDelete

 
Top