Syarat - Syarat Ibadah Haji dan Umrah

Syarat-syarat dalam Ibadah Haji maupun Ibadah umroh secara umumnya adalah sama, yaitu ada 5 syarat ibadah haji dan umroh, yaitu:

1. Beragama Islam (Muslim)
Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh hendaklah beragama Islam, Sedangkan bagi non muslim, tidak sah dalam melaksanakan ibadah haji maupun umroh. 

2. Baligh (Dewasa)
Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh hendaklah sudah sampai baligh ataupun dewasa. Jika belum dewasa, maka ketika besarnya jika dia telah sanggup materi, jasmani dan rohani maka hendaklah ia harus kembali mengulangi badah haji/umroh nya.

3. Berakal sehat
Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh hendaklah memiliki akal sehat, atau dengan kata lain ia tidak memiliki gangguan jiwa.

4. Merdeka
Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh hendaklah merupakan orang yang merdeka, dengan kata lain ia tidak berstatus sebagai seorang budak (hamba sahaya). Ulama juga sepakat bahwa merdeka juga berarti bebas dari tanggugan hutang dan nafkah keluarga yang ditinggalkannya.

5. Istitha'ah
Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh hendaklah mampu (istitha'ah) secara materi dan juga siap secara mental serta spiritual.


0 comments:

Komentar Via Facebook


Post a Comment

 
Top